Selasa, 31 Januari 2012

Kasus 4 : Bank seruni

Bank Seruni Indonesia adalah bank besar di Yogyakarta. Bank ini mempunyai empat cabang yang terbesar di empat kabupaten di DIY. Selama beberapa bulan manajemen telah dan sedang mempertimbangkan suatu perubahan prosedur-prosedur evaluasi latihan. Suatu perubahan yang akan mempengaruhi baik departemen personalia maupun para manajer cabang. Rencana tersebut telah didiskusikan dengan semua orang yang akan dikenai, dan sebagian dari mereka menentang perubahan itu. Penyedia latihan, Atika Nurhadi, adalah salah seorang penentang yang paling keras.

Setelah diskusi dengan para pengelola bank lainnya, wakil direktur bidang personalia, Ramona Dangdut memutuskan untuk mengimplementasikan perubahan. Dia membentuk dan menyeleksi para anggota satuan tugas khusus untuk mengimplementasikan perubahan dan memilih Atika sebagai kepala satuan kerja tersebut. Ketika Ramona meminta kesedian Atika, dia menerima jabatan itu, dan kemudian berkata : “ Bapak tahu bahwa saya menentang perubahan ini. Mengapa Bapak memilih saya sebagai pimpinan?”

Ramona menimpali : “ Ya, Saya mengetahui ketidaksetujuan saudara. Kami memilih saudari karena kami menganggap bahwa bila ada berbagai kekurangan dalan usulan perubahan, saudari akan menemukannya. Dan kami percaya saudari dapat membetulkannya.”

Pertanyaan :

1. Mengapa seorang manajer seperti Ramona memilih pemimpin oposisi untuk mengimplementasikan perubahan ? Apakah saudara setuju dengan tindakan ramona tersebut?mengapa?

2. Berapa besar derajat kesuskesan Ramona dalam pelaksanaan perubahan menurut perkiraan saudara? Apa alas an saudara berpendapat demikian ?

Jawaban :

1. Karena pemompin oposisi itu dapat memberikan kritikan-kritikan yang membangun dan dapat menyelesaikan masalah dan kebijakan-kebijakan .Saya tidak setuju dengan tindakan Ramona,karena pada dasarnya atika tidak menyetujui keputusan yang sudah ditetapkan oleh Ramona. Mungkin awalnya atika akan bekerja secara maksimal dan akan menutupi kekurangan dalam usulan perubahan akan tetapi karena ketidak setujuan dengan apa yg ditetapkan oleh Ramona tersebut maka suatu saat pekerjaan yang dipegang oleh atika akan mudah bergeser.

2. 50% karena kesuksesan masih belom tentu dan anggota yang lain bisa setuju dengan cara yg di gunakan Ramona.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Fuji's blog:) © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor