Minggu, 20 Januari 2013

Perkembangan komputer dan sistem informasi

            Sebelum kita membahas komputer dan sistem informasi kita harus mengetahui definisi dari komputer itu sendiri. Istilah komputer diambil dari bahasa latin Computare yang berarti menghitng ( to compute atau reckon), berikut ini beberapa definisi komputer yang diambil dari beberapa buku komputer salah satunya :
Menurut buku Computer Annual ( Robert H. Blissmer )
Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas yaitu : menerima input, memproses input tadi agar sesuai dengan programnya, menyimpan perintah – perintah dan hasil dari pengolahan, menyediakan output dalam bentuk informasi.
Menurut buku Introduction To The Computer, The Tool Of Business ( William M. Fouri )
Komputer adalah suatu pemroses data ( data processor ) yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan ( definisi ini diambilkan dari America National Standard Institute dan sudah didiskusikan serta sudah disetujui dalam suatu pertemuan International Organization For Standardization Tehnical Committee ) .
Setelah kita mengetahui definisi dari komputer tersebut, kita akan mengetahui tujuan dari sistem komputer. Sistem komputer itu bertujuan untuk megolah data yang akan menghasilkan informasi, agar tujuan tersebut tercapai maka harus ada yang mendukungnya. Salah satu faktor yang mendukung untuk tujuan sistem komputer ini adalah seperti software, hardware, dan brainware. Ketiga faktor tersebut harus saling berkaitan atau berhubungan contohnya hardware tanpa adanya software maka tidak akan berfungsi, dan hardware yang sudah ada software nya juga tidak akan berfungsi apa – apa jika tidak ada manusia yang mengoperasikan dan mengendalikannya.
Sumber dari sebuah informasi adalah data. Data adalah sebuah gambaran dari suatu kejadian – kejadian yang kita alami. Ilmu informasi adalah suatu ilmu yang mempelajari data dan informasi, mencakup bagaimana menginterpretasi, menganalisis, menyimpan, dan mengambil kembali. Sistem informasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi yaitu : operasi instalasi, dan perawatan komputer.
            Perkembangan komputer dan sistem informasi pada saat ini sangat signifikan. Penggabungan antara teknologi komputer dengan telekomunikasi telah menghasilkan suatu revolusi di bidang sistem informasi. Data atau informasi pada zaman dahulu harus menghabiskan waktu berhari-hari bahkan sampai berbulan – bulan untuk dapat diolah sebelum dikirimkan ke negara tetangga atau negara lain, akan tetapi pada saat ini dapat dilakukan dalam hitungan detik saja. Pemakaian komputer di masa sekarang sangat membantu para pekerja, karena terbukti untuk pekerjaan - pekerjaan tertentu yang pada dasarnya hampir semua mempergunakan komputer. Menggunakan komputer jauh lebih cepat dari segi waktu maupun biaya. Hampir semua perusahaan – perusahaan besar maupun swasta sekarang menggunakan teknologi komputer. Dengan seperangkat komputer yang ditaruh di atas meja kerja (desktop), seorang manager atau teknisi dapat memperoleh data atau informasi yang telah diolah oleh komputer dengan kecepatan yang hampir sama dengan kecepatan mini komputer. Kegunaan komputer di perusahaan sangat penting, tidak hanya untuk meningkatkan kualitas, akan tetapi untuk mendukung proses kerja yang lebih efektif. Perusahan – perusahan pada saat ini saling bersaing untuk mendapatkan informasi, karena informasi setiap detiknya akan berubah, dimana informasi itu sangat dibutuhkan bagi setiap perusahaan karena dari informasi yang didapat, perusahaan akan mengetahui perkembangan informasi untuk dijalankan dalam sistem perusahaannya.
Sumber :
Jogiyanto Hatono, MBA, Akt., Ph.D. (1999). Pengenalan Komputer, Yogyakarta : Andi ( Andi Offset )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Fuji's blog:) © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor