Jumat, 18 Januari 2013

Tugas Bahasa Indonesia outline

KERANGKA KARANGAN ATAU OUTLINE

Tema : Keamanan Sistem Informasi
Judul : Ancaman dan kelemahan pada keamanan sistem informasi
Keamanan sistem informasi berhubungan erat dengan adanya virus, hacker, cracker. Keamanan sistem informasi akan membahas mengenai kemungkinan adanya resiko yang muncul dari sistem yang kita punya. Sehingga ada 2 masalah utama pada keamanan sistem informasi ini, yaitu : Ancaman, ancaman adalah kejadian yang terjadi baik dari dalam atau dari luar sistem. Hal yang akan muncul dari pengolahan informasi antara lain ancaman alam, dari ancaman alam tersebut ada ancaman air contohnya: banjir dan ancaman tanah contonya: longsor. Ancaman Manusia contohnya : pencurian dan penipuan. Ancaman memiliki peluang baik yang dapat terprediksi maupun tidak dapat terprediksi seperti terjadinya gempa bumi yang menyebabkan sistem informasi mengalami pemadaman. Keamanan sistem informasi menggunakan 3 pendekatan, antara lain : Pendekatan preventif yang bersifat mencegah dari kemungkinan terjadinya ancaman dan kelemahan. Pendekatan detective yang bersifat mendeteksi dari adanya penyusupan dan proses yang mengubah sistem. Pendekatan corrective yang bersifat mengkoreksi keadaan sistem yang sudah tidak normal dikembalikan menjadi keaadan awal.
Kelemahan sistem informasi yaitu pada saat merancang dan mendisain mengakibatkan tindakan pelanggaran oleh pelaku yang mencoba berbuat curang terhadap sistem tersebut. Kelemhan sistem bisa terjadi pada prosedur, peralatan, maupun perangkat lunak yang dimiliki, contohya seperti : jika kita ingin mensetting firewall atau dinding pembatasan yang membuka telnet sehingga dapat kita akses dari luar. Ataupun kelamahan sistem informasi yang terjadi akibat ulah kita sendiri contohnya kita kurang merawat barang elektronik khususnya pada komputer yang kita pakai, komputer yang kita pakai  akan menjadi lemah atau bahkan sampai rusak karna sipemakai tidak merawat, contoh dalam merawat komputer salah satunya harus adanya antivirus yang melindungi data-data agar tidak termakan atau terkena virus, komputer harus sering kita disk defragmenter, disk defragmenter berfungsi untuk merapihkan data-data yang tidak pada tempatnya.
Bahasa Indonesia pada kerangka karangan diatas :
Terprediksi dapat diartikan terjangkau, Preventif dapat diartikan mencegah, Detective dapat diartikan pengamat, Corrective dapat diartikan perbaikan atau mengoreksi, Mendisaign dapat diartikan merancang, Disk defragmenter dapat diartikan  merapihkan data-data yang tidak pada tempatnya, Hacker  dapat diartikan Seseorang yang secara sembunyi masuk kedalam sebuah sistem computer, Firewall dapat diartikan Sistem atau perangkat yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melaluinya dan  mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Fuji's blog:) © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor