Jumat, 25 Januari 2013

Bahasa Indonesia bahasa ibu


Bahasa indonesia bukanlah bahasa ibu bagi kebanyakan penuturnya. Sebagian besar warga Indonesia menggunakan salah satu dari 748 bahasa yang ada di Indonesia sebagai bahasa ibu. Bahasa Indonesia sendiri di tulis dalam tulisan Latin. Yang mana relatif cukup mudah untuk dipelajari. Bahasa Indonesia pada dasarnya berasal dari ejaan bahasa Belanda dan masih memiliki beberapa persamaan dengannya. Huruf konsonan direpresentasikan dalam cara yang mirip dalam bahasa Italia, walaupun /c/ selalu dieja /tʃ/ (seperti dalam bahasa Inggris /ch/), /g/ seperti /ɡ/ ("keras") and /j/ direpresentasikan dengan /dʒ/ seperti halnya dalam bahasa Inggris.
Bahasa ibu adalah bahasa pertama yang dipelajari oleh seorang anak. Seorang anak belajar bahasa pertama mereka dari keluarga mereka khususnya dari seorang ibu, karena seorang ibu yang selalu merawat dan menjaga anaknya, bapak atau seorang ayah pun tidak kalah pentingnya dalam merawat dan menjaga seorang anak, karena seorang anak yang baru lahir akan lebih mudah mengingat apa yang di bicarakan oleh orang – orang yang ada di dekatnya terutama ibu dan bapaknya. Di mulai dari situlah seorang anak akan terlihat perilaku, kecerdasaan dan lain sebagainya. Kepintaran atau kepandaian dalam bahasa asli sangat penting untuk proses belajar berikutnya, karena bahasa ibu dianggap sebagai dasar cara berpikir. Kepintaran atau kepandaian yang kurang dari bahasa pertama ( bahasa ibu ) seringkali membuat proses belajar bahasa lain menjadi sulit. Bahasa asli ( bahasa Indonesia ) oleh karena itu memiliki peran pusat dalam pendidikan.
Bahasa baku bukanlah bentuk bahasa natural. Bahasa baku atau yang dibakukan biasanya harus dipelajari seorang anak melalui bangku sekolah (pendidikan formal. Bahasa ibu yang hidup subur pada generasi muda sekarang adalah bahasa daerah yang berintegrasi dengan bahasa Indonesia atau bahasa Indonesia yang mendekati dan menyerupai bahasa daerah. Konsep bahasa ibu itu memberikan manfaat besar bagi dunia pendidikan anak.
Sejak dini, anak-anak sekolah dasar umumnya disuguhi buku-buku ajar berbahasa Indonesia dalam konstruksi bahasa nasional formal atau resmi. Hasilnya di lingkungan pendidikan anak sering merasa asing. Mereka merasa kurang nyaman karena bahasa itu juga wajib dipelajari dalam sebuah mata pelajaran. Bahasa ibu dalam pendidikan itu adalah bahasa yang dimiliki seorang anak bukan bahasa milik si ibu atau warisan nenek moyang. Anak Indonesia sekarang cenderung berbahasa ibu dalam fenomena ”bahasa Indonesia lokal”.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Fuji's blog:) © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor