Jumat, 08 Maret 2013

Ubuntu 12.10 vs Windows 8


Ubuntu 12.10 dengan kode nama Quental Quetzal. Menurut pengertian yang dikutip dari webupd8 yang dikutip dari Wikipedia Quetzal adalah :
“Quetzals adalah burung berwarna mencolok dalam keluarga Trogon. Burung ini banyak ditemukan di hutan-hutan, terutama di dataran tinggi yang lembab,  Spesies kelima dari genus Pharomachrus yang eksklusif Neotropical, sedangkan spesies Euptilotis tersebar hampir di seluruh Meksiko bagian barat.”

 Menginstal Ubuntu 12.10 tergolong cukup mudah, yang perlu diperhatikan lebih serius adalah pada proses penyiapan partisi. Pengguna baru yang sebelumnya belum pernah menginstal sistem operasi Linux apapun sebaiknya mempelajari proses pembuatan partisi untuk menghindari risiko kehilangan data atau terhapusnya sistem operasi yang sudah diinstal lebih dulu.

           Kelebihan Ubuntu
·       Virus saat ini lebih banyak menyerang OS Windows yang ber ext.exe. Ubuntu didesain lebih kompatibilitas dan tentu berbeda dengan OS Windows pada umumnya, sehingga memungkinkan virus sangat sulit masuk ke OS Ubuntu.
·        Walaupun sederhana pada awalnya, Ubuntu juga dapat dikonfigurasikan menjadi sangat canggih.  Dalam proses instalasi suatu program, Ubuntu menggunakan paket manajemen sistem berbasis Apt (tentu berbeda dengan Windows).
·         Kelebihan Ubuntu yang terbesar adalah kesederhanaannya. Berkat kesederhanaan ini, orang awam yang bertahun-tahun menggunakan Windows pun dapat menggunakan Ubuntu.

Kekurangan Ubuntu
·        Koneksi internet yang membutuhkan plugin serta update yang sulit,mempunyai fitur yang standart
·        Setelah proses instalasi selesai, sistem operasi Ubuntu tidak semuanya bisa dipakai langsung oleh pengguna. Dalam pemakaiannya ada beberapa fitur yang harus kita tambahkan sendiri setelah proses instalasi.
·        Tidak User Friendly, Sebenarnya Ubuntu merupakan OS yang user friendly. Ubuntu sudah akrab dengan para user, terutama programmer yang ahli. Akan tetapi pada kenyataanya, sistem ini membutuhkan pemasangan/plugin untuk menjalankan sebuah aplikasi.
Windows 8

Kebanyakan orang mengatakan bahwa Windows 8 baru yang jauh lebih kompleks dibandingkan versi sebelumnya dari Windows, tapi itu hanya pendapat. Windows masih lebih mudah digunakan dibandingkan Ubuntu, terutama dalam jangka panjang. Windows sangat mudah digunakan dan dibuat untuk semua kalangan. Tombol-tombol pada Windows 8 besar dan jelas dan mudah untuk mengetahui apa yang ingin dilakukan.  Jika kita membicarakan mengenai harga Ubuntu tersedia secara gratis. Kita bisa mendapatkan semua fitur yang ditawarkan secara gratis. Akan tetapi jika Windows memulai dengan harga dasar yang harus membayar lebih jika kita ingin versi dengan fitur yang lebih. Jika kita lihat dari segi keamanannya, keamanan Ubuntu memiliki nilai lebih dibanding Windows. Ubuntu memiliki kelemahan yaitu kurang pengguna  dan lebih sedikit orang yang menggunakannya. Karena lebih sedikit orang yang menggunakannya, hanya ada sedikit pula orang yang ingin menyerang Ubuntu ini. Windows 8 dibangun dengan "Windows Defender" yang seharusnya membantu, tetapi kenyatanya masih kurang.

Kelebihan Windows 8
·        Windows 8 sangat mensupport Layar Sentuh jadi kalau Windows 8 sangat mudah digunakan.
·        Booting yang singkat meskipun telah menggunakan Booting GUI namun efektif Windows 8 dapat booting dalam waktu 1-8 Detik.
·       Windows 8 juga dapat berjalan pada CHIP Berarsitektur ARM dimana Komputer Tablet banyak yang menggunakannya, maka jangan heran jika Tablet menggunakan Windows 8.

Kekurangan Windows 8
·       Jika mempunyai banyak aplikasi maka Start Screen pada Windows 8 akan berantakan karena Devoloper tidak bisa mengganti Tiles pada Start Screen dengan Icons.
·        Metro yang menjadi pusat perhatian banyak orang menjadi masalah karena Jika install Windows 8 pada PC maka akan merasa aneh, karena fitur touch screen yang ada ditablet akan muncul Di PC.
·       Konten Flash pada Windows 8 tidak bisa berjalan pada Tablet mungkin Microsoft akan menjaga rahasia Source Code agar tidak dapat dibongkar.

Kalau menurut saya antara ubuntu dengan windows saya akan memilih windows karena fitur-fitur yang ada di windows lebih mudah untuk dimengerti dibandingkan di ubuntu. Akan tetapi sekarang sudah rilis atau keluar windows 8 yang terbaru menurut saya fitur windows 8 hampir sama dengan fitur-fitur windows 7 sebelumnya, yang membedakan hanya tampilan awal yang menurut saya sangat rumit untuk orang awam apalagi jika kita tidak menggunakan tablet yang pada dasarnya tablet itu touch screen, jika kita install windows 8 pada laptop atau PC lain maka fitur touch screen itu akan muncul pada PC atau laptop kita.

https://www.bersosial.com/topic/120/kelebihan-dan-kekurangan-windows-8

1 komentar:

 

Fuji's blog:) © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor