Senin, 11 Maret 2013

Etika Berinternet


Etika yaitu tata cara atau sopan santun. Etika komunikasi dapat di artikan sebagai sopan-santun dalam berkomunikasi di internet. Sekarang, semakin banyak fasilitas sehingga orang dapat saling berkomunikasi melalui aplikasi chatting, jejaring sosial seperti facebook atau twitter, forum dan blogger. Adanya website membuat orang berkomunikasi tidak lagi secara langsung,melainkan hanya melalui jejaring social tersebut, akan tetapi hal ini berdampak pada aktivitas jual-beli atau transaksi barang, dimana orang tidak harus beli ke toko ataupun pasar untuk membeli barang yang diinginkan, sering kita sebut sebagai Online Shop. Aktivitas online tidak terlepas dari tindakan kriminalitas, ataupun pelanggaran lainnya, karena disebabkan oleh kurangnya etika di dalam berinternet. Sehingga sering mendengar penipuan yang terjadi pada perdagangan secara online, dimana pembayaran dilakukan dengan cara mentransfer uang ke rekening penipu namun barang yang dibeli tak sampai ke tangan pembeli tersebut.

Pengguna internet harus mengetahui etika berinternet. Etika dalam berinternet
  • Para pengguna harus memproteksi pc dan perangkat internet lain dengan firewall dan antivirus agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan atau merugikan.
  • Harus menghargai pengguna internet yang lain
  • Gunakan bahasa yang formal jangan menggunakan huruf kapital sembarangan yang bukan pada tempatnya.
  • Jangan saling memanas - manasi antar pengguna walaupun itu teman kita sendiri, karena pengguna internet tidak hanya teman atau saudara kita yang mengunakannya, karena pengguna internet itu adalah seluruh dunia.
Adapun etika yang seharusnya diketahui pengguna internet khususnya bagi yang sering melakukan transaksi barang pada situs jual beli :
  • Menjual Barang apa adanya, jangan melebih-lebihkan ataupun memalsukan informasi / spesifikasinya.
  • Untuk para penjual online shop, jika sudah deal pembeli dengan harga tertentu, sebaiknya menjual dengan pembeli tersebut. Jangan menjual ke pembeli lain karena tergiur dengan harga yang lebih tinggi.
Tips keamanan berinternet
  • Bagi pengguna sistem operasi Windows, usahakan selalu melakukan update pada sistem. Menggunakan service pack terbaru Windows adalah langkah yang sangat bijksana.
  • Jangan malas melakukan backup pada data, jangan pernah berkhayal ada virus yang mau permisi dulu ketika akan merusak data.
  • Bagi yang selalu berhubungan dengan email, berhati-hatilah dengan attachment. Sebagian besar virus disebar melalui attachment email.
  • Jangan membuka pesan dari alamat email yang tidak dikenal,
  • Install aplikasi firewall, antivirus, dan anti-spyware pada sistem. Usahakan semua aplikasi tersebut selalu di-update baik database vaksinnya ataupun aplikasinya. 

Buku pengenalan untuk orang awam komputer (Irawan) penerbit Maxikom
http://romeltea.com/etika-komunikasi-di-internet-netiquette/
http://id.wikipedia.org/wiki/Etika_komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Fuji's blog:) © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor