Kamis, 24 Januari 2013

Perkembangan teknologi sistem operasi android


Teknologi adalah sarana untuk menyediakan barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Penggunaan teknologi pada masyarakat diawali dengan adanya sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana. Perkembangan teknologi terbaru di antaranya mesin cetak, telepon, dan Internet. Sekarang teknologi dalam keidupan manusia sudah sangat penting. Karena dengan perkembangan teknologi khususnya dalam bidang IT manusia banyak melakukan pekerjaan hanya di depan komputer saja maupun dengan menggunakan handphone untuk komunikasi. Akan tetapi harus diimbangi dengan kesadaran manusia untuk menggunakan IT tersebut untuk kepentingan yang positif. Tidak semua teknologi digunakan untuk tujuan yang bermanfaat ada saja para ahli teknologi yang menjadikan teknologi itu sendiri sebagai ladang untuk menyebarkan virus – virus yang sangat merugikan bagi para pengguna teknologi atau bahkan pada zaman sekarang banyak orang yang memanfaatkan teknologi untuk menyebarkan kejadian yang tidak selayaknya untuk di sebar luaskan.
Teknologi telah mempengaruhi masyarakat. Di samping itu dengan adanya teknologi, teknologi tersebut telah membantu memperbaiki ekonomi termasuk ekonomi pada masa sekarang khususnya pada perusahan besar, akan tetapi banyak proses teknologi yang dihasilkan perusahaan merugikan masyarakat diantaranya mencemari lingkungan, dan menguras sumber daya alam, merugikan dan merusak bumi, dan bahkan teknologi sekarang itu membuat para remaja sekarang tidak mengenali norma – norma lingkungan yang baik, dan tidak mengenal tradisi – tradisi bangsa Indonesia sendiri.
Perkembangan Teknologi Informasi sudah sedemikian pesatnya sehingga sulit bagi kita untuk mengontrolnya. Hampir setiap detik produk teknologi informasi tercipta di seluruh dunia. Kita patut mengapresiasi perkembangan teknologi informasi ini karena akan semakin membantu kehidupan manusia.
Sistem operasi mobile dikenal dengan sebutan platform, perangkat lunak untuk mobile, sistem operasi genggam adalah sebuah program yang menggerakan suatu perangkat keras seperti ponsel, smartphone, PDA, komputer tablet, perangkat informasi dan lain sebagainya. Salah satu sistem operasi mobile ialah sistem operasi android.          
Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak.
            Sejak terciptanya sistem operasi android. Dari waktu kewaktu android mengalami perkembangan. Perkembangan dari sistem operasi android dari versi android muncul hingga versi android saat ini.
1.      Android versi 1.1

 





Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

2.      Android 1.5 (cupcake)

 







Pada pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake), terdapat pembaruan termasuk penambahan beberapa fitur dalam seluler yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan kamera, mengunggah video ke youtube dengan barke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang disesuaikan dengan sistem.

3.      Android versi 1.6 (donut)

 






Donut (versi 1.6) dirilis pada bulan September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indicator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus kamera dan lain sebagainya.

4.      Android versi 2.0/2.1 (éclair)

 






Pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan dilakukan untuk mengoptimalkan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP dan lain sebagainya. Aplikasi terkenal yang diubah kedalam sistem operasi Android adalah Shazam, Backgrounds, dan WeatherBug.

5.      Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)

 






Pada 20 Mei 2010, Android versi 2.2 (Froyo) dirilis. Perubahan umumnya terhadap versi sebelumnya antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome untuk mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.

6.      Android versi 2.3 (Gingerbread)

 






Pada 6 Desember 2010, Android versi 2.3 (Gingerbread) dirilis. Perubahan umum yang di dapat dari Android versi ini yaitu: peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) di desain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.

7.      Android versi 3.0/3.1 (honeycomb)

 





Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet.

8.      Android versi 4.0 (ICS: Ice Cream Sandwich)





 

Pada tanggal 19 Oktober 2011, membawa fitur Honeycomb untuk smartphone dan menambahkan fitur baru termasuk membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC.

9.      Android versi 4.1 (Jelly Bean)

 





Android Jelly Bean yang diluncurkan pada acara Google I/O membawa sejumlah keunggulan dan fitur baru. Penambahan baru diantaranya meningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, UI yang baru dan pencarian melalui Voice Search yang lebih cepat. Google Now memberikan informasi yang tepat pada waktu yang tepat pula. Salah satu kemampuannya adalah dapat mengetahui informasi cuaca, lalu-lintas, ataupun hasil pertandingan olahraga.

10.   Android versi 4.2 (Jelly Bean)
Fitur photo sphere untuk panaroma, daydream sebagai screensaver, power control, lock screen widget, menjalankan banyak user (dalam tablet saja)
Pada perkembangan dari semua jenis android yang telah dijelaskan diatas, pada dasarnya android yang lebih banyak digunakan pada saat ini adalah android yang berbasis gingerbread. Berikut ini pemaparan presentasi banyak orang yang menggunakan tipe android.

1 komentar:

 

Fuji's blog:) © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor